Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Modal

IDR Rp.-,-
Judul Buku Pemberdayaan Masyarakat  Berbasis Modal
Ukuran Buku 14x20cm
Tebal viii + 90 hlm
Penulis Neila Susanti, MS., M.Si
Stok POD (Print On Demand)

Detail Buku:

Judul : Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Modal
Penulis : Neila Susanti, MS., M.Si
Ukuran : 17 x 24 cm
Tebal : viii + 90 hlm
ISBN: 978-623-306-611-2

Blurb

Buku ini menyajikan kajian tentang modal sosial yang dimiliki majelis taklim khususnya yang beranggotakan kaum perempuan. Kajian ini menepis anggapan bahwa majelis taklim hanya identik dengan aktivitas ibadah vertikal. Ketika Pengurus atau Pembina Majelis Taklim peduli dan mau berinovasi dengan modal sosial anggotanya, maka terjadilah proses pemberdayaan komunitas atau yang dikenal dengan Community Development. Buku ini terdiri dari 4 bab, pada 2  bab pertama memaparkan mengenai teori dan konsep Modal Sosial  dan Pemberdayaan Masyarakat. Pada bab selanjutnya pembaca dapat mengikuti proses pemberdayaan yang dilakukan pada tiga kelompok majelis taklim yang berbeda dengan karakter khas masing-masing.

Adanya hasil kajian ini diharapkan para pembaca (baik mahasiswa maupun masyarakat secara umum) mudah memahami mengenai konsep modal sosial dan akhirnya tergerak untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di lingkungan terdekatnya. Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian Buku ini cukup banyak pihak yang terlibat dan telah memberi bantuan kepada Penulis, sehingga pekerjaan yang dianggap berat ini sedikit lebih ringan. Berkaitan dengan hal tersebut, ucapan terima kasih sedalam-dalamnya disampaikan kepada Prof. Usman Pelly, Dr. Hidayat dan Kak Dr. Nurasiah dan para mahasiswa penulis khususnya adinda Naya dan juga seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu. Mudah-mudahan segala jenis bantuan yang diberikan tersebut mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amin.

Buku ini juga penulis persembahkan kepada Mamah dan Almarhum Bapak tercinta, semoga Allah membalas kebaikan orangtua penulis dengan limpahan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya. Demikian juga kepada Suami dan putri semata wayang tercinta atas dukungan moral maupun materi. Love you all…

Neila Susanti, MS. M.Si

Profil Penulis

Neila Susanti, MS., M.Si adalah Dosen Tetap di Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara. Pendidikan S1 di Jurusan Antropologi USU, dan Antropologi Sosial Pascasarjana Unimed. Penulis juga tercatat menyelesaikan Pendidikan Pascasarjana di USU dengan bantuan beasiswa URGE (Kerjasama Bank Dunia Dikti). Selain sebagai akademisi Beliau juga tercatat pernah aktif sebagai pengurus di LSM Gema Khadijah Sumatera Utara, LSM Lembaga Cinta Keluarga Medan dan sejak 2020 bergabung sebagai pengurus di Ormas Alppind (Aliansi Perempuan Peduli Indonesia) wilayah Sumatera Utara. Penulis juga tercatat sebagai anggota Asosiasi Antropologi Indonesia dan Asosiasi Sosiologi Agama Indo.

Subscribe to receive free email updates: