TRANSMISI ILMU DAN DINAMIKA POLITIK DALAM PERADABAN ISLAM

IDR Rp.-,-
Judul Buku Transmisi Ilmu dan Dinamika Politik dalam Peradaban Islam
Ukuran Buku 14x20cm
Tebal viii + 231 halaman
Penulis Dr. Syamsuri Ali, M.Ag
Stok POD (Print On Demand)

Detail Buku:

Judul :Transmisi Ilmu dan Dinamika Politik dalam Peradaban Islam
Penulis : Dr. Syamsuri Ali, M.Ag
Halaman : viii + 231
Ukuran : 14 x 20 cm
Jenis Kertas : Bookpaper

Blurb :

Buku ini terdiri atas 8 bab mencakup Prolog: Peradaban Islam antara Transmisi Ilmu dan Dinamika Politik; Madrasah dan Transmisi Ilmu Pengetahuan dalam Islam; Perkembangan Ilmu dan Implikasinya: Kasus Peradaban Islam di Spanyol; Perkembangan Islam sebagai Kekuatan Politik pada Era Khalifah Umar bin Al-Khattab dan Implikasinya pada Ilmu Pengetahuan; Peradaban Islam di Nusantara: Kasus NU dan Ideologi Politik Madrasah Pesantren; Ijtihad Intelektualisme Islam dan Kemunduran Politik: Kasus Pembaruan Syah Waliyullah di India; Ijtihad Intelektualisme Islam dan Pemikiran Politik Modern: Kasus Kontroversi Ali Abdul Raziq di Mesir; dan Epilog: Relasi Ilmu Pengetahuan dan Kekuasaan Politik pada Perkembangan Peradaban Islam.

Biodata penulis :

Syamsuri Ali, lahir di Bandar Lampung pada tanggal 25 November 1961. Penulis adalah dosen di Fakultas Tarbiyah danKeguruan UIN Raden Intan Lampung (1989-sekarang). Perjalanan pendidikannya pernah belajar di Madrasah MISRIU Pondok Pesantren Al-Falah Kediri-Jawa Timur (Lulus 1980). Kemudian penulis melanjutkan studi di Fakultas ADAB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Lulus 1988). Pada 1997, penulis menamatkan pendidikan di Sekolah Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang dan tahun 2005 lulus dari Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam pengabdian, pernah menjadi pengurus, di antaranya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung (2006-2020); Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung (2008-2017); dan pada tahun 2016-2019 Pengurus Asian Islamic Universities Association (AIUA). Di samping itu, penulis juga aktif dalam kegiatan kunjungan ilmiah dan kerja sama, antara lain di Marmara University, Turkiye (2014); Nasional University of Singapore (NUS) Singapura (2016); Universitas Muhammad V, Rabat Maroko (2017); Lembaga Riset Leiden University, NIMAR, Rabat Maroko (2017); dan Leipzig University, Jerman (2018) dalam rangka kerja sama pelatihan Metode Pengajaran Bahasa.

Karya ilmiah yang pernah dipublikasikan berjudul Alumni Hawzah Ilmiyah Qum: Pewacanaan Intekektualitas dan Relasi Sosialnya dalam Transmisi Syiah di Indonesia (disertasi, 2005); Adab al-Mar'ah ila Ahliha: Kutika Bugis Tamsil Dodoho Ternate: Kumpulan Penelitian Filologi (LitBang Kemenag RI, 2009); dan Al-Munir dan Wacana Pembaruan Pemikiran Islam 19111915 (Tesis, 1997).

Selain karya ilmiah, penulis juga aktif dalam kepenulisan karya sastra, di antaranya yang pernah dipublikasikan berjudul Antologi Haiku The Universe Haiku Semesta (Bandung: Pustaka Haikuku, 2016), dwi bahasa Indonesia-Inggris; Antologi Haiku Melawan Korupsi (Bandung: Pustaka Haikuku, kerja sama KPK, 2017); dan Antologi Syair Syair Haiku Hasanah (Bandung: Pustaka Haikuku, kerjasama BNI Syariah, 2019), dalam tiga bahasa, Indonesia-Arab-Inggris.

Format pemesanan, ke wa.me/6281946100094.

Nama :
No. Telepon:
Alamat:
Judul buku:
Jumlah:

Ekspedisi:
Testimoni: (Bila ada)

Subscribe to receive free email updates: