5 Kunci Menggali Ide untuk Menulis Novel

Novel tidak dilahirkan dari melamun tanpa arah, akan tetapi bisa mulai ditulis setelah mencari ide yang tepat. Tentunya, untuk mengawali kegiatan menulis dibutuhkan pemikiran yang matang tentang apa yang akan dituliskan. Banyak orang yang sering kesulitan untuk menulis karena belum menemukan ide. Eits, tetapi mencari ide bisa dilakukan dengan mudah dari berbagai sumber, kuncinya diri sendiri. Ada 5 kunci menggali ide untuk menulis novel yang sering penulis abaikan, nih. Kepoin, yuk!

1. Benda di sekitar

Di mana pun pasti akan menemukan banyak benda apalagi sebagai penulis pasti tidak jauh dari buku, ponsel, laptop, dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan inspirasi menulis. Sebagai penulis pasti bisa mengambil ide dari sisi mana pun, misalnya filosofi kopi, filosofi pensil dan penghapus, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada bunga, senja, fajar, matahari, dan lainnya yang sering dijadikan sumber ide untuk menulis. Contohnya bunga dandelion yang cantik dan sering tertiup oleh angin hingga terbang ke mana, bisa dijadikan inspirasi untuk menceritakan seorang gadis cantik yang baik, tapi hidupnya terkatung-katung karena kehilangan orang tua.

Baca juga: Tips dan Trik untuk Menulis Novel yang Menarik dan Menggugah

2. Pengalaman hidup

Pengalaman hidup pasti semua orang memilikinya, tentunya akan lebih mudah menceritakan hal yang pernah dialami. Tak hanya pengalaman diri sendiri, tetapi juga bisa mengambil pengalaman orang lain yang menarik. Eits, tetapi perlu meminta izin dari orang tersebut sebelum menulis kisah orang tersebut. Pengalaman sendiri merupakan guru terbaik dalam kehidupan yang juga bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

3. Buku bacaan

Sebagai penulis juga haruslah membaca, banyak orang yang mengatakan itu. Tidak hanya membuat penulis belajar dan mengembangkan tulisannya, tetapi juga mencari ide. Dengan banyaknya bahan bacaan tentu akan membuka lebar pintu ide dari cerita dari buku yang disukai. Ada pula yang buntu dalam menulis, lalu membaca buku bisa mendapatkan ide.

4. Jalan-jalan

Kegiatan paling ampuh untuk mencari ide adalah jalan-jalan karena bisa menemukan banyak hal di sekitar yang berpotensi memunculkan ide. Apalagi dengan jalan-jalan bisa menyegarkan otak dan merasa terhibur. Beberapa orang saat menulis pun akan melakukan riset dengan berjalan biasa. Tak jarang pula penulis mengisahkan suasana perjalanannya di suatu tempat.

Baca juga: Strategi Mengatasi Kesulitan dalam Menulis dan Menyelesaikan Karya

5. Nonton film

Sering terjadi setelah menonton film hati merasa tidak puas karena tidak puas dengan ending, merasa kurang dengan film pendek tersebut, merasa akhirnya masih menggantung, atau ending tidak sesuai keinginan. Dari sanalah lahir gagasan untuk membuat ceritanya versi diri sendiri. Dari film banyak hal yang bisa didapat, misalnya karena sebuah adegan jadi tergugah untuk menirunya dalam novel, dan lainnya.

Mungkin dari beberapa cara menggali ide ada yang membuat penulis takut dibilang plagiat. Perlu disadari, apabila dituliskan versimu sendiri tentu akan berbeda. Ide memang boleh sama, tetapi cara mengeksekusi mulai dari alur, karakter, dan lainnya akan berbeda. Selain itu, setiap penulis memiliki gaya kepenulisan yang berbeda, jadi tidak perlu khawatir dibilang khawatir saat karyamu tidak sama persis dengan karya orang lain.

Subscribe to receive free email updates: