Panduan Praktis Kiat Menjadi MC & Moderator


Judul : Panduan Praktis Kiat Menjadi MC & Moderator

Penulis : Fauziah Ramdani, S.Sos., M.Si.

Halaman : 91

Ukuran : 14x20

Jenis Kertas : Bookpaper

 

Blurb : 

Menjadi seorang Master Of Ceremony dan Moderator merupakan bagian  dari  kegiatan public speaking yang bertujuan  untuk memandu suatu kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar. Meski kedua peran tersebut secara teknis memiliki ranah yang berbeda, Namun ecara hakekat, masing-masing bertanggung jawab untuk memandu suksesnya sebuah kegiatan.

Peran Seorang Master of Ceremony (MC) dan Moderator tidak dapat dianggap mudah.  Fenomena yang terjadi di panggung, seringkali  kegiatan dengan skala kecil, menengah dan atau  besar kurang menarik perhatian para penonton/ peserta (audience) atau belum Dmerepresentasikan pesan dari kegiatan  yang dilaksanakan  disebabkan salah satunya, karena peran dan keberadaan MC dan atau moderator yang belum dapat membangun suasana kegiatan berdasarkan konsep kegiatan yang telah direncanakan.

Berbagai kendala dan situasi yang dihadapi oleh MC dan moderator tidak sedikit dipicu oleh kurangnya ilmu, persiapan dan latihan dalam memandu kegiatan.

Ide mengemas kegiatan dengan naskah Mc dan moderator yang disesuaikan berdasarkan konteks acara, serta kemampuan mengolah bahasa, panggung dan  body langange (bahasa tubuh) yang sesuai dengan teks dan konteks menjadi hal yang penting untuk dimiliki setiap Mc dan Moderator.

 Sehingga, dibutuhkan wawasan dan informasi teoritis serta aplikatif yang dapat mengantarkan suksesnya sebuah kegiatan atau sesi acara yang diselenggarakan.

 Akhirnya, penulis ucapkan selamat membaca, menelaah dan mengaplikasikan ilmu dalam praktek berbicara sebagai Mc dan Moderator. Semoga buku ini dapat memberi inspirasi dan manfaat yang luas bagi siapa saja yang membutuhhkannya. 


Subscribe to receive free email updates: