|
Detail Buku:
Judul : INTEGRATED NATURE OF SCIENCE IN INQUIRY WITH TECHNOLOGY (INoSIT): SEBUAH KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA
Penulis : Dr. Amiruddin Takda, S.Pd., M.Si., Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., Prof. Dr. Erman, M.Pd
Ukuran : 14 x 20 cm
Tebal : vi + 120 Halaman
ISBN : 978-623-306-608-2
Blurb
Literasi sains memfokuskan pada membangun pengetahuan siswa dengan menggunakan konsep sains secara bermakna, berpikir secara kritis dan membuat keputusan-keputusan yang seimbang dan memadai terhadap permasalahan-permasalahan yang memiliki relevansi terhadap kehidupan siswa. Dengan demikian, salah satu kunci kompetensi abad ke 21 adalah perlunya mempertimbangkan literasi sains bagi masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengkases, membaca, dan memahami dunia global dengan sains dan teknologi, selanjutnya membuat penilaian, dan menggunakan evaluasi itu untuk menginformasikan dan membuat keputusan setiap hari.
Buku ini hadir untuk memberikan sebuah bentuk model pembelajaran dengan mengintegrasikan literasi sains dan teknologi kedalam pembelajaran yang diberi nama Model INOSIT. Model INOSIT ini dapat membelajarkan literasi sains baik pada konsep konkrit maupun pada konsep abstrak. Pada konsep yang konkrit memerlukan bantuan peralatan laboratorium atau KIT, sedangkan pada konsep yang abstrak memerlukan bantuan teknologi dalam bentuk simulasi interaktif. Buku ini dikemas dalam bentuk beberapa subpokok bahasan yaitu (a)cPengembangan Model Pembelajaran INOSIT; (b) Pengembangan Model Hipotetik untuk Melatihkan Literasi Sains; (c) Karakteristik Model Pembelajaran INOSIT; (d) Komponen Model Pembelajaran INOSIT.