Tips Menulis Cerpen Untuk Pemula




Sudah menjadi tradisi para penerbit untuk mengadakan event cerpen, di mana karya yang terpilih akan diterbitkan sebagai buku antologi. Banyak juga yang berpartisipasi dengan mengirim karya terbaik. Namun, apakah semua karya yang masuk sudah masuk kriteria penerbit. Ternyata jawabannya tidak. Maka dari itu tips ini diulas untuk membantu para penulis pemula yang merasa belum bisa membuat cerita (terutama cerpen) yang baik dan benar.

Lantas, bagaimana cara menulis cerpen yang bagus? Mari simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Menentukan Tema - Tema adalah nyawa cerita. Pilihlah tema yang sesuai dengan karaktermu. Misal, kamu humoris dan menyukai hal-hal kocak. Maka tulislah cerita humor. Kalau kamu tipe orang yang melankolis dan menyukai hal-hal berbau romantis, cerita romance atau percintaan cocok buat kamu.

2. Menentukan Tokoh - Jangan memasukkan tokoh terlalu banyak untuk cerpen kalau kamu masih tergolong pemula. Buatlah maksimal 3-4 tokoh. Banyak tokoh justru akan membuat ceritamu terkesan monoton. Point ini sesuai untuk cerpen dengan 1-8 halaman. Kecuali kalau kamu memang sudah terbiasa menulis cerpen. Sah-sah saja memasukkan banyak tokoh, asal bisa menempatkannya dengan benar.




3. Tentukan Judul - Makin menarik makin bagus. Pilih judul yang singkat tapi membuat penasaran. Judul harus sesuai dengan cerita, ya? Intinya, jangan ngawur kalau membuat judul.

4. Berkhayal - Ini sah sekali dilakukan. Berimajinasilah. Tentu saja ini berbeda dengan ngelamun, ya? Bayangkan, seolah kamu adalah tokoh utama di cerita itu. 

5. Refreshing - Lakukan ini ketika kamu merasa idemu sudah mentok. Bisa dengan jalan-jalan, menonton tv, dan menikmati pemandangan sambil minum secangkir coklat hangat.

6. Jangan Takut Salah - Biarkan jarimu mengetik dan otakmu membayangkan cerita. Jangan pikirkan dulu hasilnya, yang penting cerpenmu selesai. Setelah selesai, baca lagi dan minta orang lain membaca cerpenmu. Ingat baik-baik masukan-masukannya agar bisa digunakan juga di karya selanjutnya.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat. Membuat cerpen tidak melulu soal honor ya, Guys? Kembangkan imajinasimu dan terus berlatih. ^_^ Ketika karyamu lolos event dan dimuat dalam satu buku antologi, kamu pasti akan merasakan suatu kepuasan dan dorongan untuk menulis, menulis, dan terus menulis.   

Subscribe to receive free email updates: