Implementasi MIKiR Approach FKIP Universitas Riau & FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau




Detail Buku:
Judul: Implementasi MIKiR Approach FKIP Universitas Riau & FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jumlah halaman: viii + 79 halaman

Ukuran:14 x 20cm

Penulis: Dr. Neni Hermita, M.Pd. dan Dr. Riki Apriyandi Putra, M.Pd.

Pemesanan: 081946100094

Blurb:

Sekelumit tentang Perjalanan Pendampingan Tanoto Foundation di LPTK Mitra FKIP UNRI dan FTK UIN SUSKA Riau

Mutu pendidikan pada berbagai tingkatan merupakan salah satu tolok ukur yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Dengan demikian, langkah strategis yang dapat dilakukan adalah meningkatkan mutu guru melalui pelatihan serta pendampingan. Salah satu materi yang dapat memfasilitasi adalah melalui implementasi MIKiR Approach.

Buku dengan judul “Implementasi MIKiR Approach FKIP Universitas Riau & FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau” ini merupakan hasil pendampingan implementasi Modul 1 dan Modul 2 Program PINTAR Tanoto Foundation. Buku ini menceritakan tentang active learning, blended learning, STEM, desain perkuliahan MIKiR dalam mode blended learning, dan desain perkuliahan MIKiR berbasis STEM dalam mode blended learning.

MIKiR merupakan unsur pembelajaran aktif yang diperkenalkan oleh Tanoto Foundation kepada berbagai kampus dan sekolah/madrasah mitra sejak tahun 2018. Tanoto Foundation meyakini bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat kesetaraan peluang. Oleh karena itu, Tanoto Foundation selalu mengambil bagian dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia.

MIKiR merupakan akronim dari mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, kemampuan berkolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis. Pembelajaran aktif MIKiR dapat dikembangkan melalui kolaborasi dengan berbagai metode seperti blended dan STEM. Buku ini menyajikan contoh pembelajaran yang mengintegrasikan MIKiR Approach dengan STEM.

Profil Penulis

Neni Hermita lahir di Baturijal Indragiri Hulu pada 27 Februari 1984. Neni dilahirkan dari pasangan Bapak Encik Masnahar dan Ibu Emita Yusla. Ia merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara. Pada tahun 2010, Neni menikah dengan Dhanank Rollando, S.E., putra pertama dari pasangan Bapak Toborani Hatop (alm.) dan Ibu Sri Yuliasih. Keduanya dikaruniai dua orang putra bernama Azzamy Raisyauqi Adhyastha dan Fayyadh Atharizz Alkhalifi.

Neni mendapatkan gelar sarjana pendidikan (S.Pd.) dari program studi Pendidikan Fisika Universitas Riau (2006), serta gelar magister pendidikan pendidikan (M.Pd.) (2008) dan doktor (2017) dari program studi Pendidikan Dasar UPI. Sejak tahun 2009 sampai saat ini, Neni berprofesi sebagai dosen pada program studi PGSD dan magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Riau. Bidang keahlian Neni adalah elementary dan science education. Neni dapat dihubungi di neni.hermita@lecturer.unri.ac.id.

Subscribe to receive free email updates: