Profil Kopi Arabika Kintamani Bali




Detail Buku:

Judul Buku: Profil Kopi Arabika KIntamani Bali

Penulis: Nurul Asiah, Chelsea Epriyani, Ari Kurnia, Kurnia Ramadhan, Steve Ganiputra Hidayat, dan Anton Apriyantono

Halaman: vi + 96 halaman

Ukuran: 17,6 x 24,99 cm

Pemesanan: 081946100094

Blurb:

Jadilah seperti kopi,

siapapun yang bersamanya akan mendapat kebaikanya, yang berdagang dengannya mendapat keuntungan darinya, yang meminumnya mendapatkan kenikmatanya dan bahkan yang hanya duduk disekitarnya mendapat harum aromanya.

Kopi merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat global. Bahkan di Indonesia sendiri pengaruh budidaya dan perdagangan kopi menyebar hampir keseluruh provinsi. Salah satu kopi Arabika dari Indonesia yang bermutu tinggi dan telah dikenal dimata dunia adalah Kopi Arabika Kintamani Bali. Bentuk upaya yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi kopi adalah dengan memahami bagaimana sejarah kopi tersebut berasal, bagaimana kondisi wilayah, masyarakat petani dan pengolah yang terlibat dalam proses produksi kopi. Karena, nikmatnya secangkir seduhan kopi tidak lepas dari karakteristik wilayah dimana kopi tersebut dibudidaya dan bagaimana kopi tersebut diolah.

Buku ini memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang sejarah singkat bagaimana komoditas kopi sampai di Bali, perkembangan komoditas, proses pengolahan, profil sensori hingga bagaimana orang-orang menikmati Kopi Arabika Kintamani Bali. Buku ini disusun dengan bahasa dan tampilan yang sesederhana mungkin dengan menambahkan ilustasi gambar yang menarik, sehingga mempermudah visualisasi dan proses pemahaman bagi pembaca. Buku ini diharapkan mampu memperkaya literasi kopi Nusantara, menambah khasanah ilmu dan pengetahuan bagi para pembaca, serta meningkatkan minat konsumen agar lebih bisa menikmati dan menghargai kopi single origin dari Indonesia, khususnya Kopi Arabika Kintamani Bali.

Profil Penulis:

Nurul Asiah, ST, MT adalah dosen tetap dan peneliti di Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie sejak 2016. Menyelesaikan pendidikan Strata 1 dan Magister Teknik Kimia di Universitas Diponegoro dengan topik penelitian di bidang Teknologi Proses Pengolahan Pangan, khususnya pengeringan bahan pangan. Fokus bidang ajar dan penelitiannya meliputi Rekayasa Proses dan Teknologi Pengolahan Pangan. Hasil penelitiannya telah banyak dipublikasikan pada seminar akademik dan diterbitkan oleh berbagai Jurnal nasional maupun Internasional dalam bentuk artikel ilmiah maupun buku ajar. Proses Pengolahan Produk Hasil Perkebunan, khususnya Komoditas Kopi adalah salah satu bidang ilmu yang dipelajari, diteliti dan diajarkannya.

Webpage             : https://www.bakrie.ac.id/en/nurul-asiah-s-t-m-t

E-mail                    : nurul.asiah@bakrie.ac.id

Chelsea Epriyani A.Md, merupakan lulusan diploma dengan Program Keahlian Analisis Kimia Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2017. Dia juga pernah menerbitkan jurnal penelitian ilmiah terkait farmasi bersama dosen saat menjadi mahasiswa di Sekolah Vokasi IPB. Saat ini dia Bekerja di PT Moduler Kuliner Indonesia (Hangry) sebagai Customer Management Specialist. Ketertarikanya pada bidang pangan mendorongnya melanjutkan Pendidikan S1 di Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie pada tahun 2019. Hal tersebut juga membawanya melakukan penelitian terkait losses pengolahan kopi Arabika Kintamani Bali pada berbagai teknik proses pengolahan.

Webpage             : https://id.linkedin.com/in/chelsea-epriyani/in

E-mail                    : chelsea.epriyani@gmail.com

Ari Kurnia M. Ikom, salah satu Dosen Tetappada Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie yeng menggeluti bidang Media, baik konvensional maupun Digital. Lulusan Bisnis dan Media Industri dari Universitas Mercu Buana ini juga aktif menulis sejumlah penelitian dalam kajian media. Kerap mengisi sejumlah Literasi Media dan pelatihan dalam dalam berbagai kegiatan dalam rangka pemanfaatan Media Sosial dan Etikanya, serta bagaimana peran Media Digital menjadi wadah utama dalam aktivitas promosi. Ia juga aktif dalam mendukung kegiatan penelitian, pengabdian hingga projek kampus untuk keperluan publikasi di Internal dan melalui Media Massa.

Email     : ari.kurnia@bakrie.ac.id

Dr. Kurnia Ramadhan menempuh studi di bidang teknologi pangan dan mendapatkan gelar sarjana dari Institut Pertanian Bogor di tahun 2009. Gelar Master of Science di bidang teknologi pangan juga diperolehnya dari Universiti Sains Malaysia pada tahun 2012. Kurnia memulai karir sebagai akademisi di Universitas Bakrie sejak akhir tahun 2012. Gelar akademik Doktor berhasil didapatkan dari University of Nottingham pada awal tahun 2020. Sejak aktif kembali bertugas di tahun 2019, Kurnia terlibat menjadi tim pengajar Mata Kuliah Teknologi Flavor.

Kurnia saat ini tercatat sebagai anggota dari beberapa asosiasi ilmiah di bidang ilmu dan teknologi pangan, termasuk Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan Institute of Food Science and Technology (IFST) United Kingdom.

Webpage             : https://bakrie.ac.id/kurnia-ramadhan-m-sc

E-mail                    : kurnia.ramadhan@bakrie.ac.id

Steve Ganiputra Hidayat adalah putra Indonesia berprofesi sebagai pengusaha kopi yang memiliki pengalaman lebih dari 16 tahun di dunia kopi. Dimulai dari bidang perkebunan, pengolahan, perdagangan, penyangraian sampai penyeduhan. Steve sekarang bekerja keras untuk mengembalikan kejayaan kopi Indonesia sebagai kopi terbaik di Dunia. Sebagai direktur utama pada perusahaan penyangraian kopi, PT Selera Indah Perdana, Steve menambah nilai dari kopi Indonesia di Indonesia. Dari awal didirikan, Steve telah membangun perusahaan menjadi perusahaan kopi yang berkembang tercepat dalam 5 tahun.

Steve sempat menuliskan buku tentang kopi Indonesia yang pertama, dinamakan Kamus Kopi Indonesia. Buku ini dipakai oleh perwakilan Indonesia terutama yang bertugas di luar negeri sebagai bekal pengetahuan produk kopi Indonesia. Steve meluncurkan buku kedua, Menyangrai itu Menyenangkan di 2020 yang menerima Rekor Dunia dari MURI. Di dalam buku kedua ini, Steve berbagi 7 jurus menyangrai kopi untuk meningkatkan keterampilan dan menginspirasi para pelaku kopi Indonesia. Dengan menggunakan salah satu jurus menyangrai tersebut (jurus Tenaga Dalam), di bulan September 2021, Steve meraih Rekor Dunia dari MURI kembali untuk mencapai harga jual tertinggi atas kopi Liberika.

Melalui program ulasan kopi nya, Steve berusaha untuk membantu menaikan kualitas kopi daerah di Indonesia. Steve sudah mengumpulkan ratusan kopi dari seluruh Indonesia. Selain mengharapkan untuk menarik minat terhadap kopi Indonesia, Steve berusaha untuk menumbuhkan semangat gotong royong dari para pemangku kepentingan di rantai pasokan kopi Indonesia. Dengan demikian kopi Indonesia akan tumbuh maju dan mencerminkan keadilan, kelestarian dan kearifan lokal Indonesia.

Dr. Ir. Anton Apriyantono menempuh studi di bidang Teknologi Hasil Pertanian di IPB, lulus tahun 1982, bidang Ilmu Pangan di IPB, lulus tahun 1988, bidang Kimia Pangan di Universitas Reading, Inggris, lulus tahun 1992. Sejak tahun 1982 sampai akhir tahun 2010 menjadi dosen di program studi Teknologi Pangan IPB, kemudian sejak tahun 2012 sampai sekarang menjadi anggota Dewan Penyantun Universitas Bakrie dan dosen tidak tetap pada program studi Teknologi Pangan Universitas Bakrie. Anton juga tercatat sebagai dewan pengarah (advisory board) di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB (2018 sampai sekarang), program pasca sarjana Industri Halal International Islamic University of Malaysia (IIUM) sejak 2018 sampai sekarang, program sarjana Industri Halal IIUM sejak 2019 sampai sekarang. Saat ini Anton dipercaya sebagai ketua Dewan Kopi Indonesia dari tahun 2018 sampai 2022. Anton pernah menjadi Menteri Pertanian RI pada Kabinet Indonesia Bersatu I tahun 2004 sampai 2009. Anton juga pernah aktif di berbagai perusahaan swasta dan BUMN baik sebagai konsultan maupun sebagai komisaris utama serta komisaris. Anton pernah aktif di berbagai organisasi profesi dan saat ini masih menjadi anggota PATPI dan P3FNI. Penghargaan tertinggi yang pernah diperoleh Anton adalah Bintang Mahaputra Adipradana dari pemerintah Indonesia pada tahun 2010. Anton telah berpengalaman mengajar dari tahun 1982 sampai sekarang terutama di bidang Kmia Pangan, Analisis Pangan, Identifikasi Komponen, Instrumentasi Laboratorium, Flavor dan Halal. Anton telah mempublikasikan lebih dari 100 karya ilmiahnya yang berupa makalah riset, monograf, review, bagian dari buku, buku dan paten.

Webpage             : https://ftp.bakrie.ac.id/dr-anton-apriyantono

Email                     : antonapriyantono1@gmail.com


Subscribe to receive free email updates: