PEMBINAAN SIKAP INKLUSIF MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN I YOGYAKARTA




Detail Buku:

Judul : PEMBINAAN SIKAP INKLUSIF MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN I YOGYAKARTA
Penulis :

  • Iqbal Syafri, S.Pd., M.Pd.
  • Huzdaifah Achmad Qotadah, B.IRKH, MA
  • Ma’isyatusy Syarifah, S.Ag. MA
  • Muhammad Yusuf Qona’ah, S.Pd., M.Pd.

Ukuran : 15,5 x 23 cm
Tebal : xiv + 103 halaman

Blurb :

Perubahan zaman memberikan pengaruh besar terhadap sikap peserta didik di kalangan remaja. Benturan peradaban dengan nilai nilai Islam yang ideal untuk diyakini dan diamalkan, menjadi pudar.

Berbagai bentuk cara bersikap seperti eksklusivitas yang berujung pada radikalisme agama semakin mengerucut tatkala para peserta didik hanya memahami agama Islam melalui media internet, pembelajaran hanya berpusat pada satu guru, dan penafsiran ayat-ayat yang bersifat dogmatis tidak dilakukan dialog dengan baik di lingkungan masyarakat.

Inilah yang menjadi perhatian kami para penulis untuk mengusung tema penanaman sikap inklusif pada ranah sosial yang diimplementasikan pada peserta didik melalui pembelajaran Al-Quran dan Hadist di MANI Yogyakarta. Tujuannya tak lain adalah mewujudkan sikap keterbukaan dengan perbedaan, saling menghargai dan toleran terhadap perbedaan suku, ras, agama, dan bahkan madzhab dalam Islam itu sendiri.

Hasilnya, peserta didik mulai tergugah dalam memahami ayat-ayat Al-Quran maupun hadist yang bersifat tekstual maupun kontekstual sesuai dengan pemahaman yang baik dan benar.

Perubahan perlahan terjadi secara signifikan dari peserta didik yang memiliki kecenderungan bersikap eksklusif menjadi lebih terbuka dalam perihal memahami ayat-ayat Al Quran yang multitafsir.


Subscribe to receive free email updates: