Rekomendasi Karya Fiksi yang Cocok untuk Dibaca di Bulan April



Bosan menunggu buka puasa yang masih Maghrib nanti, tetapi sudah tidak ada kegiatan lagi yang dilakukan dan tubuh sudah lemas, baca buku solusinya. Di waktu senggang tersebut dan saat tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan, ada baiknya menyempatkan diri untuk melakukan hobi. Salah satunya dengan membaca buku yang merupakan kegiatan ringan dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga di saat perut terasa lapar. Nah, ada beberapa rekomendasi karya fiksi yang sesuai untuk bulan ini.

Di bulan yang setiap sorenya hujan ini, novel dengan genre misteri dengan romance tipis-tipis sangat direkomendasikan. Baru-baru ini AE Publishing menerbitkan buku yang ceritanya berkaitan tentang misteri di balik dunia penerbitan atau percetakan. Pasti para penulis pun bertanya-tanya bagaimana kehidupan orang-orang di kantor penerbitan yang telah memproses buku atau karyanya. Dalam hal ini, kepoin lima buku dari kelas Olimpus yang masih dalam naungan AE Publishing ini, yuk!

Sebelum itu, fyi tentang buku ini yang ketebalannya tidak sampai dua ratus lebih atau lebih tepat disebut novelet daripada novel. Sehingga cocok dibaca dalam sekali duduk di bulan suci Ramadan kali ini. Lima buku dengan konsep sampul yang sama dan berbagai cerita yang berbeda, tetapi masih berhubungan. Akan kita bahas satu-persatu dari buku-buku ini!

Baca juga: Jenis-Jenis Kertas yang Perlu Penulis Tahu Sebelum Menerbitkan Buku, Nih!

1. Buku Garis Waktu

Buku pertama, berjudul 'Garis Waktu' yang ditulis oleh Fara_Kamil berkisah tentang Erlan Pamungkas serta keempat temannya. Erlan dan teman-temannya menjalankan tugas dari sekolah kejuruan yang diikutinya, seperti sekolah SMK begitu mungkin, ya? Mereka diceritakan menjadi seorang siswa magang di perusahaan percetakan. Diiringi suka duka cerita anak magang, ada sebuah tugas dengan kejanggalan yang perlahan diendus Erlan dan teman-temannya, nih.

Dalam satu tugasnya, Erlan dan salah satu karyawan senior harus menyelesaikan sebuah misi mengungkap keanehan dalam perusahaan percetakan tempatnya magang. Walaupun ia bingung untuk mulai mencari bukti dari kejanggalan tersebut. Dari mana Erlan harus memulai mencari petunjuk di perusahaann tersebut. Akan tetapi, ada karyawan senior di tempatnya bekerja yang membantu. Kira-kira mister apa yang ditutupi oleh perusahaan? Mampukah Erlan mengungkap misteri tersebut? Kepoin bukunya, dong!

2. Delapan Dekade

Kali ini bercerita tentang Hana yang bahagia bisa magang di perusahaan besar di kotanya, seperti kita sebagai pencinta literasi tentu bekerja di perusahaan percetakan adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Masih dihiasi warna-warni cerita anak magang dan dunia kantor, ada beberapa kejanggalan yang dirasakan Hana. Ia pun menemukan berbagai hal ganjil yang terjadi di sana, bahkan ada suatu kejadian yang menimpa sang ayah. Bagaimana Hana mengatasi misteri di perusahaannya dan menangani masalah yang menimpa sang ayah? Yuk, kepoin buku karya bungsuOsawa ini!

3. Cromulent

Di urutan ketiga, buku dengan judul Cromulent yang berasal dari bahasa Rumania berarti sesuatu yang terlihat asli padahal palsu. Buku karya Putri Fabricia Clarinta ini berkisah tentang anak magang di kantor surat kabar  di Indonesia. Magang di kantor tersebut menjadi impian siswa SMK bernama El, Yasta, serta Gwen yang beruntung karena berhasil terdaftar menjadi siswa magang angkatan pertama di Harapan Indonesia. Tentunya bekerja di kantor besar membuat ketiganya siswa itu sangat bersemangat.

Akan tetapi, sejak di hari pertama mereka magang ada berbagai keanehan yang muncul. Terutama El yang paling sering menemukan kejanggalan di kantor tersebut, hingga semua misteri tersebut membawanya pada sebuah fakta yang tak terduga. Hingga membuat ketiga anak magang itu harus menegakkan kejujuran serta keadilan. Dengan modal prinsip ketiganya yang kuat untuk mengungkapnya, mereka mulai menemukan satu per satu fakta yang telah disembunyikan bertahun-tahun.

4. Catatan Pradana

Buku dengan tebal 150 halaman ini bercerita tentang seorang gadis bernama Lein Amira yang tiba-tiba tidak senang dipanggil Lein. Kemudian, sang kakak membantu gadis tersebut untuk pindah sekolah serta harus magang di perusahaan percetakan. Menariknya, Lein dipertemukan dengan Arden Zeyn yang masih terjebak dengan masa lalunya. Laki-laki itu pernah kehilangan semuanya lima tahun lalu. Berhubungan dengan hal tersebut, Lein pun selama magang di perusahaan percetakan tersebut menemukan berbagai peristiwa tidak terduga serta menemukan buku catatan milik Pradana. Kira-kira apa isi buku tersebut dan siapakah Pradana? Sobat hanya bisa mengetahuinya dari buku karya Viennara ini pastinya!

Baca juga: Novel Ukhti Bar-Bar

5. Bukain Aja!

Judulnya terdengar unik, kira-kira apa yang dibukain aja? Ish! Tidak boleh berpikiran negatif, meskipun di urutan terakhir buku karya Lani Nurohmah ini tidak kalah menarik dari buku lainnya. 'Bukain Aja'  merupakan nama media cetak di mana informasi akan dipercaya atau diragukan sebagaimana seseorang memahaminya. Buku ini berkisah tentang Bulan--anak magang yang penasaran dengan prestasi dari dua penulis populer, yaitu Ghinta serta Caksu. 

Diceritakan Ghinta memiliki prestasi yang luar biasa, yaitu memecahkan rekor MURI dengan menulis 60 karya dalam waktu kurang dari setahun. Sementara Cak Su merupakan penulis internasional yang karyanya diterjemahkan dalam bahasa Asing serta ada di beberapa negara. Demi mengungkap faktanya Bulan ingin membuktikan kebenaran tersebut di media cetak. Bagaimanakah fakta yang Bulan dapatkan?

Itulah beberapa rekomendasi karya fiksi yang cocok untuk dibaca di bulan April. Semoga rekomendasi ini dapat memberikan inspirasi dan membantu Anda dalam menemukan buku yang tepat untuk dibaca. Selamat membaca!

Subscribe to receive free email updates: