Jenis-Jenis Kertas yang Perlu Penulis Tahu Sebelum Menerbitkan Buku, Nih!



Tak hanya di dunia kepenulisan dan penerbitan, tetapi kertas juga mengambil peran penting di kehidupan sehari-hari. Sebab, dalam dunia kerja maupun sekolah pun tidak jauh dari kertas dan buku. Nah, dalam hal ini ada berbagai macam kertas yang dibutuhkan. Paling sering folio bergaris atau F4, kertas HVS yang berukuran A4 untuk mencetak dokumen maupun fotokopi.

Eits, perhatikan lagi buku yang ada di sekitar Sobat, ada berbagai jenis dan ukuran yang berbeda-beda sesuai penggunaannya. Misalnya buku LKS yang tipis dan buram, tetapi berukuran besar merupakan kertas buram berukuran A4. Maka dari itu, penting untuk Sobat mengetahui jenis kertas sebelum memilihnya karena perlu disesuaikan dengan penggunaannya. Berikut beberapa jenis kertas yang perlu  Sobat ketahui:


1.Kertas HVS

Kertas yang sudah sering digunakan untuk mencetak isi buku, bahkan yang satu ini sudah tersebar di berbagai gerai fotokopi, bahkan dimiliki oleh individu di rumah. Hal ini wajar, sebab kertas dengan corak putih bersih ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Perlu diketahui, kalau tersedia beberapa gramatur kertas tersebut, yaitu 60 sampai 120 gram. Akan tetapi, dalam pencetakan buku kertas ini tidak digunakan karena yang dipakai kertas dengan berat 70 gram.

2.Bookpaper

Berbeda dengan kertas HVS, bookpaper memiliki karakter warna cokelat terang atau high cream. Kertas inilah yang jadi andalah untuk mencetak buku fiksi maupun nonfiksi. Sebab, gramaturnya yang rendah membuat penerbit memilih kertas tersebut untuk menekan biaya pengiriman. Beratnya 55-99 gram, idealnya bookpaper digunakan mencetak apa pun yang berbasis teks. Harga kertas ini pun lebih murah daripada HVS.

3.Art paper/matte paper

Art paper dimanfaatkan untuk mencetak majalah atau brosur, ada juga yang memanfaatkannya untuk mencetak buku tertentu. Lantaran permukaannya halus, mengkilap, dan licin. Dengan kertas ini teks pun akan terlihat lebih jelas, tetapi harganya lebih mahal. Perlu diketahui, gramatur kertas ini tersedia mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, hingga 150 gram.

4.Art Cartoon

Jenis kertas ini tak jauh berbeda dengan art paper, yaitu sama-sama glossy. Akan tetapi, gramatur untuk kertas ini lebih tinggi mulai dari 190-400 gram. Art cartoon sering digunakan untuk mencetak cover atau sampul buku. Biasanya art paper dengan gramatur tinggi pun dimanfaatkan untuk menggantikan art cartoon sebagai cover buku.


5.Ivory

Kertas dengan nama yang cantik ini pun  mempunyai ciri yang sama dengan art paper atau art carton, di mana ia terlihat halus dan mewah. Uniknya, kertas ini salah satu sisinya glossy dan sisi lainnya doff. Untuk kertas ini memiliki gramatur 210 gram, 230 gram, 250 gram, 300 gram, 350 gram, serta 400 gram. Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak katalog.

Demikianlah lima jenis kertas yang perlu Sobat ketahui dengan keunggulan dan kegunaannya masing-masing. Dalam dunia kertas pun masih dibedakan dari ukurannya yang beragam, tentu saat melihat jenis buku yang berbeda misalnya buku pelajaran dan novel. Kira-kira ukuran kertas untuk buku pelajaran dan novel apa, ya?


Subscribe to receive free email updates: