Edukasi Pasien Gagal Ginjal : A sampai Z yang harus diketahui terkait cuci darah




Detail Buku:

Judul : Edukasi Pasien Gagal Ginjal : A sampai Z yang harus diketahui terkait cuci darah
Penulis : Dr. dr. Atma Gunawan, SpPD. KGH
Halaman : 103 halaman
Ukuran : 14 x 20 cm
Jenis Kertas : Bookpaper
Penerbit : AE Publishing 
Editor: Ratna Perwitasari, Trisianna May Ferita
Penata Sampul: Vidia
Penata Letak: Moufie
ISBN : 978-623-306-716-4

Blurb :

Banyak orang yang tidak mengetahui apa itu gagal ginjal. Terutama ketika pasien menjalani dialisis (cuci darah), banyak pasien yang tidak faham: apa, mengapa, dan bagaimana yang harus dilakukan terkait tindakan cuci darah. Bahkan mereka takut akan hal itu seakan hidup di dunia ini sudah berakhir dan tidak ada artinya lagi.

Buku yang berjudul "Edukasi Pasien Gagal Ginjal. A sampai Z Yang Harus Diketahui Terkait Cuci Darah" ini penulis buat untuk menjelaskan secara detil dengan bahasa awam tentang segala hal yang patut diketahui pasien yang menjalani cuci darah. Sekaligus menjawab pertanyaan yang sering diajukan pasien kepada penulis sebagai dokter.

Biodata penulis :

Dokter yang akrab disapa Dokter Atma ini bernama lengkap Atma Gunawan. Seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam sub spesialis Penyakit Ginjal dan Hipertensi, di mana salah satu tempat praktik beliau saat ini berada di RSUD Dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang, Rumah sakit Lavalette Malang dan Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang.

Dokter yang lahir di Kandangan Kalimantan Selatan dan bertempat tinggal di Malang ini menyelesaikan berderet pedidikannya di bidang kedokteran dari mulai S1 sampai dengan S3, yaitu gelar dokternya diperoleh pada tahun 1990 di Univesitas Brawijaya Malang. Serta menyelesaikan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada tahun 2002 dan lanjut lagi untuk sub spesialis penyakit ginjal dan Hipertensi pada tahun 2006 semua ditempuh di universitas Airlangga Surabaya. Kemudian Dokter Atma melanjutkan kembali pendidikannya untuk menggambil gelar Doktornya pada tahun 2018 di Universitas Brawijaya Malang.

Untuk menambah wawasannya selama kuliah kedokteran khususnya spesialis penyakit ginjal dan hipertensi, Suami dari Dr. Dyah Palupi, SpKLP ini selama kuliah mengikuti banyak sekali pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh rumah sakit dalam negeri hingga luar negeri seperti Singapore General Hospital (Post Graduate Medical Institute Singapore), Tung Wah Hospital Hongkong, Serdang Hospital Selangor Malaysia, Dubai, Kuala Lumpur Malaysia, Istanbul Turkey, New Delhi India, hingga Budapest Hongaria.

Kesibukan beliau selain praktik juga sering diundang dalam seminar-seminar juga instruktur dalam penanganan penyakit ginjal yang diadakan oleh rumah sakit dalam negeri juga pernah beberapa kali menjadi Internasional Speaker di beberapa negara seperti di New Delhi India, Bangladesh India dan juga di Penang Malaysia.

Ayah dari 2 anak yang juga semuanya dokter yaitu dr. Afifa Prima Gitta dan dr. Savero Mizan Jahidi, hingga saat ini menyalurkan ilmunya dengan menjadi dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Sekaligus menjabat sebagai Kepala Divisi Ginjal dan Hipertensi, Tim Transplantasi Ginjal dan juga Kepala instalasi Dialisis di RSSA. Saat ini Juga bergabung dalam organisasi seperti IDI, PAPDI, Indonesian Society of Nephrology, International Society of Nephrology hingga Asian Pasific of Dialysis Access.

Subscribe to receive free email updates: