KARAKTERISTIK DASAR LEMAK DAN ISOLAT PROTEIN DARI BLACK SOLDIER FLY LARVAE (BSFL)

Detail Buku:

Judul : KARAKTERISTIK DASAR LEMAK DAN ISOLAT PROTEIN DARI BLACK SOLDIER FLY LARVAE (BSFL)

Penulis : Deffi Ayu Puspito Sari, Puspo Edi Giriwono, Aqil Azizi, Diki Surya Irawan, Mutiara Ainny Zaky Prayogo, Anita Septyarini

Halaman : 119 halaman 

Ukuran : 14 x 20 cm

Jenis Kertas : Bookpaper

Penata Sampul : Tim AE Publishing

Penata Letak : Tim AE Publishing 

Penerbit : AE Publishing

ISBN : 978-623-306-717-1

 

Blurb :

Black Soldier Fly (BSF) yang dikenal dengan nama ilmiah Hermetia illucens merupakan salah satu jenis serangga yang memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu, mendegradasi sampah organik, sebagai sumber protein dan lemak, mendukung zero waste dan circular economy. Berbagai macam manfaat yang dimiliki BSF memicu masyarakat untuk melakukan budidaya BSF.

BSF mendegradasi sampah organik secara efisien dengan larva yang mencerna dan menguraikan berbagai jenis limbah organik, seperti sisa makanan, limbah pertanian, atau limbah industri. Larva BSF memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi. Kandungan tersebut bergantung pada jenis limbah organik yang digunakan sebagai pakan larva BSF. Hal tersebut mendorong inovasi penggunaan serangga sebagai sumber lemak dan protein. Pemanfaatan larva BSF sebagai sumber lemak dan protein dapat mengurangi ketergantungan pada sumber daya protein lainnya, seperti kedelai atau ikan, yang seringkali memiliki dampak lingkungan yang signifikan.

Buku referensi ini menyajikan pengetahuan tentang karakteristik dasar lemak dan isolat protein dari larva BSF. Karakteristik dasar ini dapat membantu memberikan gambaran potensi pemanfaatan lemak dan protein larva BSF dalam berbagai bidang industri.

Biodata penulis :

Deffi Ayu Puspito Sari, S.T.P., M.Agr.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.

Meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) pada tahun 2012 dalam bidang Biological Resource Science dari Tohoku University, Jepang. Gelar Master of Agricultural Sciences pun diraih dari Tohoku University, Jepang pada tahun 2009. Pendidikan sarjana (S-1) ditempuh di Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah menyelesaikan pendidikannya, keahlian Ibu Deffi menjadikannya konsultan dan terlibat dalam organisasi internasional sepert AUSAID, Promar Consulting Japan, Segmear Consulting Japan, dosen expert di Prodi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan, di Institut Pertanian Bogor, dll.

Saat ini Ibu Deffi menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Bakrie (LPP U-Bakrie) setelah sebelumnya menjadi Kepala Unit Pengembangan Bisnis di Universitas Bakrie. Sederet penghargaan internasional berhasil diraih oleh Ibu Deffi, diantaranya ialah Collaborative Research Award dari National University of Kaohsiung, Taiwan; International Problem Based Learning (Sakura Program) dari Osaka Institute of Technology, Jepang; Green Energy and Low Carbon Development Training dari UNEP di Copenhagen, Denmark; Short-Term Training on Molecular Biology di Yamaguchi University, Jepang; Collaborative Research Workshop dari International Foundation for Science, Filipina; JICA’s Cooperation for Disaster Risk Reduction and Japanese Emergency Disaster Relief di Tokyo, Jepang; hingga gelar Dosen Berprestasi dari LLDIKTI Wilayah III pada tahun 2019.

Selain aktif di dunia pengajaran, penelitian dan pengabdian, ia juga aktif menulis karya ilmiah. Selain artikel, beberapa hasil penelitiannya sudah mendapatkan perlindungan Kekayaan Intelektual (KI) seperti hak cipta, merk maupun paten.

Dr. Puspo Edi Giriwono, S.TP., M.Agr.Sc.

Dr. Puspo Edi Giriwono saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat SEAFAST Center, IPB University dan sebagai Staf Pengajar di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB. Beliau meraih gelar Doktor bidang Biokimia dan Gizi/Molekuler dari Tohoku University pada tahun 2012 dan telah melakukan berbagai proyek penelitian dalam topik efek senyawa bioaktif/fungsional pada penurunan inflamasi beserta pensinyalan seluler terkait. Beberapa proyek penelitian yang telah ditangani mencakup efek antioksidan dalam kesehatan. Kualifikasi manajemen beliau direfleksikan oleh beberapa proyek yang menjadi tanggung jawabnya dan melibatkan mitra internasional, dalam bidang pangan dan kesehatan. Pengalaman mengajar pelatihan Dr. Puspo Edi Giriwono antara lain yaitu Retooling Kompetensi vokasi dosen pendidikan tinggi tahun ajaran 2019 pada bidang Keamanan Pangan, BPCS, Teknologi Kopi yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu pengetahuan, Teknologi dan pendidikan Tinggi Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi; Instruktur pelatihan Risk Analysis yang bekerjasama dengan FAO/WHO/Kemenkes pada tahun 2019; Instruktur pelatihan Risk Analysis yang bekerjasama dengan Direktorat Standarisasi Pangan Olahan BPOM tahun 2020 serta Instruktur pelatihan Risk Analysis yang bekerjasama dengan PRKOM Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia tahun 2021.

Aqil Azizi, S.Pi., M.AppL.Sc., Ph.D.

Aqil Azizi menyelesaikan Sarjana di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2005. Pada tahun 2009, Aqil menyelesaikan Master of Applied Science di University of Tasmania, Australia. Selanjutnya Ph.D. diraih dari University of Science and Technology (UST), Korea Selatan yang berafiliasi dengan Korea Institute of Ocean Science and Technology (KIOST) pada bidang Marine Biotechnology. Pada tahun 2017, Aqil bergabung sebagai dosen tetap di Universitas Bakrie di prodi Teknik Lingkungan. Selain sebagai dosen, Aqil juga sebagai Senior Researcher Fellow di Resilience Development Initiative (RDI) pada kluster Renewable Energy and Emission Reduction (REER).

Diki Surya Irawan, S.T., M.Si., IPM.

Diki Surya Irawan memulai karir sebagai konsultan pada tahun 2004 di beberapa konsultan multinasional dan Badan Rekonstruksi Rehabilitasi NAD-Nias pasca tsunami, terakhir bekerja di PT PAM Lyonnaise Jaya sebagai Junior Manager di Key Account Department dan Project Manager Key Account New Connection, mulai bergabung menjadi dosen tetap di Universitas Bakrie sejak Februari 2017, selain menjadi dosen saat ini juga aktif menjadi tenaga ahli di beberapa perusahaan swasta, di Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, Bappenas dan beberapa pemerintah daerah di Indonesia serta menjadi trainer di beberapa PDAM dan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah. Saat ini juga menjabat sebagai Program Manager untuk Penerapan Teknologi Lingkungan Tepat Guna di Yayasan Inovasi Pembangunan Hijau. Tahun 2022 ditugaskan oleh Kementerian PUPR sebagai trainer nasional di Balai Teknik Air Minum. Bidang keahlian dalam Teknik Lingkungan meliputi desain instalasi pengolahan dan jaringan perpipaan air minum, penyusunan rencana induk air minum dan rencana induk air limbah domestik, kajian dan modeling kualitas air, kajian lingkungan hidup dan penyusunan rencana pengamanan air minum (water safety plan).

Mutiara Ainny Zaky Prayogo, S.T.

Mutiara Ainny Zaky Prayogo, S.T merupakan lulusan S1 Teknik Lingkungan dari Universitas Bakrie tahun 2023. Selama pendidikannya di Universitas Bakrie, penulis pernah menjabat sebagai staff Departemen Hubungan Masyarakat dan Sekretaris Umum di Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie. Penulis juga memiliki pengalaman kerja praktik di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Patriot Kota Bekasi. Dalam perjalanan untuk meraih gelar S.T., penulis melakukan penelitian tugas akhir dengan judul Ekstraksi dan Isolasi Protein dari Tepung Black Soldier Fly (BSF) Sebagai Alternatif Pakan Ternak dan Potensinya Pada Industri Pangan dibawah bimbingan Bapak Diki Surya Irawan, S.T., M.Si., IPM. yang tergabung dalam tim penelitian dosen yang diketuai oleh Ibu Deffi Ayu Puspito Sari, S.TP., M.Agr.Sc. Ph.D., IPM., ASEAN Eng. dengan judul Ekstraksi Lemak dan Isolasi Protein dari Dried Black Soldier Fly Larvae (BSFL) sebagai Ingredient Pangan untuk Mendukung Zero Waste dan Circular Economy yang dibiayai oleh Kemdikbudristek tahun 2023.

Anita Septyarini, S.T.

Anita Septyarini, S.T. merupakan lulusan S1 Teknik Lingkungan Universitas Bakrie pada tahun 2023. Sebelumnya meraih gelar A.Md dari Teknik dan Manajemen Lingkungan Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor pada tahun 2020. Selama masa perkuliahan, penulis aktif sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Lingkungan (HIMALIKA). Penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan dengan judul tugas akhir Inventarisasi Jenis Tumbuhan Obat di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Penulis pun melanjutkan ekstensi S1 di Universitas Bakrie dan melakukan penelitian tugas akhir dengan judul Uji Karakteristik Fisika dan Kimia Lemak dari Larva Black Soldier Fly (BSF) yang merupakan bagian dari penelitian yang didanai oleh Kemdikbudristek tahun 2023 dengan skema Penelitian Kerjasama Dalam Negeri dibawah bimbingan Ibu Deffi Ayu Puspito Sari, S.TP., M.Agr.Sc. Ph.D., IPM., ASEAN Eng. dan Bapak Dr. Puspo Edi Giriwono. Penulis memiliki pengalaman kerja sebagai Asisten Tenaga Ahli Kesehatan Masyarakat PT. Sonokeling dalam Penyusunan Dokumen UKL-UPL Kegiatan Sawmill dan Moulding PT. Belantara Subur. Selain itu, penulis juga pernah mengikuti Pembekalan dan Uji Sertifikasi SDM Vokasional Bidang Konstruksi (Pelaksana Pembuatan Fasilitas Sampah dan Limbah – TT 012).

Subscribe to receive free email updates: