Strategi Pembelajaran Sejarah



Detail Buku:

Penulis: Wahyu Djoko Sulistyo dan Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim

Halaman: xii + 240 halaman

Ukuran: 15,5 x 23 cm

Pemesanan: 081946100094

Blurb:

Strategi pembelajaran sejarah senantiasa menjadi kajian yang menarik untuk dipelajari seiring dengan perkembangan pendidikan di Indonesia. Buku ini hadir memberikan wawasan baru bagi guru, siswa, dan segenap pembelajaran sejarah. Terobosan baru disajikan sebagai upaya untuk menambah khazanah pengetahuan pembaca.

Problematika yang selama ini menjadi bahasan kompleks dalam pembelajaran sejarah sejatinya bukan untuk diabaikan, tetapi diatasi. Keakuratan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat menjadi salah satu solusi. Oleh karena itu, dalam buku ini diuraikan secara lengkap dan jelas mengenai berbagai macam strategi yang dapat diadaptasi dalam pembelajaran sejarah. Setiap strategi diuraikan secara komprehensif, meliputi deskripsi hingga langkah-langkah pembelajaran baik untuk guru maupun siswa. Selain itu, pada bagian akhir diberikan contoh kreatif dan inovatif dari pengembangan strategi pembelajaran sejarah. Adopsi teknologi yang dikolaborasikan dengan basis lapangan menjadi terobosan dalam inovasi strategi pembelajaran. Menjadi guru yang kreatif dan inovatif adalah pilihan, buku ini hadir sebagai referensi untuk menjadi pilihan tersebut.

Selamat membaca!

Profil Penulis:

1. Wahyu Djoko Sulistyo merupakan salah satu dosen program studi Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Ia lahir di Pacitan, 5 Juli 1988. Dalam 5 tahun terakhir, Ia memfokuskan kajian riset seputar pengembangan media dan model pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan situs serta kearifan lokal sebagai materi. Beberapa judul artikel hasil penelitian yang telah diterbitkan adalah:

1. The Development of E-PAS Based on Massive Open Online Courses (MOOC) on Local History Materials (2019).
2. Utilization of Syphon Metro Kepanjen as Outdoor Learning Site for History Students.
3. The Development of'JEGER'Application Using Android Platform as History Learning Media and Model.
4. Learning experience from learning sources: exploitin geographic and historical potential of guerrilla sites in Wonokarto Pacitan as a source of historical learning.
5. Development of 'Video Bank' Based on Prehistoric Community Life at The Sangiran Site as an Independent Learning Media.
6. Historical Learning with Outdoor Learning: Utilization of the General Sudirman Monument Historical Site in Nawangan Pacitan as a Learning Resource.
7. The Utilization of Colonial Government Buildings in Malang as the Learning Sources. Beberapa buku dan monograf yang telah diterbitkan antara lain: Strategi Pembelajaran Sejarah 239
1. Situs-situs sejarah Malang masa Islam dan Kolonial.
2. Jejak Gerilya Jenderal Soedirman di Pacitan.
3. Jejak Sejarah Malang Raya.
4. Fun Learning History: Explore the History of Water Sites Based on Android (2021).
5. JESIAMAR ''Jelajah Situs Air Malang Raya'' (2020).
6. Geographical and Historical Potential of Merjosari Water Site, Malang City and Its Utilization as Learning Resources (2021).
7. Development strategy sustainability of historical and cultural tourism in Pacitan (2021). Untuk korespondensi, dapat dihubungi melalui email: wahyu.djoko.fis@um.ac.id

2. Moch. Nurfahrul L. K. merupakan salah satu jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Ia lahir dan besar di Tuban. Fokus kajianya dalam mengajar mengenai inovasi pembelajaran sejarah, sejarah perempuan, dan karya sastra dalam sejarah. Beberapa judul artikel yang telah dipublikasikan antara lain:

1. Aceh Women’s Contribution of Military Affairs During Western Colonialism in Indonesia.
2. Identification of tourism potentials in Ancient Bathing Sites of Pasuruan, Indonesia.3. Study of Tourism Attraction for the Development of Geohistory Tourism in Van Den Bosch Fort Ngawi Regency, East Java.
4. Gender-Based Women’s History Learning as an Effort to Answer the 21st-Century Challenge.
5. Kartini’s Contribution in Developing the Art of Carving Macan Kurung Jepara (1903).
6. STUDY OF HISTORICAL FACT OF NOVEL MAX HAVELAAR TO IMPROVING CRITICAL THINKING OF STUDENT.

Beberapa judul buku yang telah diterbitkan adalah:
1. Historiografi Tematis Bagi Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA/SMK di Blitar.
2. Identifikasi Arkeologi Situs Ngawonggo.
3. Perjuangan Pahlawan Perempuan Indonesia.
4. Historical Learning Based on Outdoor Learning and Environmental Insight as Implementation of The Utilizatio of Gua Suci sites in Tuban (2021).
5. Plague in Malang 1910–1916 (2021).
6. Development of Iconic Spot replications in Kampoeng Heritage Kajoetangan as Learning Media for Indische Empire Culture for Tourists (2021).
7. Infographic Development of Blambangan Kingdom for History Learning in Senior High School (2021).
8. Women in education: A Review of Indonesian Feminism (2021).

Subscribe to receive free email updates: