Komunikasi Penyuluhan dan Pembangunan Keluarga : Suatu Pendekatan Praktis


Detail Buku:

Judul : Komunikasi Penyuluhan dan Pembangunan Keluarga : Suatu Pendekatan Praktis

Penulis : M. Akbar Hasyim Lbs

Halaman : 198

Ukuran : 14x20 cm

Jenis Kertas : Bookpaper

Pemerhati Aksara : Nurhasanah Pratiwi

Desain sampul : Andika Bakti

Tata Letak : Muhammad Fathur Rahman Lubis

Penerbit : AE Publishing

 

Blurb : 

Penyuluhan dalam agendaa pembangunan keluarga perlu menempatkan penyuluh tidak hanya sebagai agen perubahan yang memediasi antara informasi dengan sasaran penyuluhan tetapi juga sebagai aktor yang mendampingi berbagai proses pembangunan di dalamnya.

Pembangunan keluarga juga semestinya menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Sehingga pendidikan mengenai pembangunan keluarga menjadi penting untuk digaungkan sebagai upaya fundamental mencapai keberhasilan pembangunan secara umum.

Pada buku ini terdapat tiga pendekatan yang dapat digunakan sebagai strategi penyuluhan pada agenda pembangunan keluarga yaitu pendekatan partisipatif melalui pemberdayaan masyarakat, pendekatan pemasaran sosial, dan pendekatan siber. Ketiga pendekatan tersebut dengan karakteristik yang berbeda-beda memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing namun dapat dipadukan dan diintegrasikan bersama-sama.

Biodata penulis :

M. Akbar Hasyim Lbs, M.I.Kom lahir di Medan pada 16 September 1995. Riwayat pendidikan yang telah ditempuh oleh penulis yaitu SDIT Hikmatul Fadhillah, SMP Islam An-Nizam, SMA Negeri 8 Medan. Kemudian penulis menamatkan perkuliahan Strata 1 pada tahun 2018 dan Strata 2 pada tahun 2023 pada program studi ilmu komunikasi di Universitas Sumatera Utara. Sejak tahun 2019 hingga saat ini penulis mengabdikan dirinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan jabatan Penyuluh Keluarga Berencana
di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan lokasi tugas di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Subscribe to receive free email updates: