Menjadi Penulis Produktif Menurut Diannita Riski







Hai hai … Selamat malam sahabat AE. Kali ini saya akan mengenalkan salah satu penulis AE Publishing yang bernama lengkap Riski Diannita. Kak Riski Diannita ini biasa dipanggil Nita oleh keluarga dan teman-temannya.  Untuk nama pena, Kak Nita tidak mempunyai nama pena sehingga untuk menulis lebih memilih untuk menggunakan nama asli. Menurut Kak Nita hal ini bertujuan untuk menghargai nama pemberian orang tuanya.

Untuk alasan menerbitkan buku, Kak Nita ingin mengabdikan karya tulis agar dapat dibaca oleh generasi sesudahnya. Atau bisa dibilang sebagai warisan dari Kak Nita bila nanti tidak ada lagi di dunia.


Saat masih sekolah dulu Kak Nita belum bercita-cita sebagai penulis lho, dulu dia justru bercita-cita menjadi seorang guru. Kak  Nita bercerita jika dia hanya ingin jadi novelis setelah membaca novel di perpustakaan. Saat masih sekolah, dia mengira penulis bukanlah sebuah profesi dan tidak bisa mendatangkan penghasilan. Sesudah lulus kuliah, barulah dia menekuni dunia kepenulisan yang ternyata banyak menghasilkan manfaat, meski tidak selalu dalam hal materi.

Ternyata bakat menulis yang dimiliki Kak Nita ini didapat dari orang tuanya yang juga suka membaca dan menulis. Sehingga, keluarganya sangat mendukung Kak Nita untuk menekuni dunia kepenulisan. Setelah Kak Nita menikah suaminya juga sangat mendukung, karena suami Kak Nita ini juga gemar menulis. Wah … Keren ya.


Saat ini selain menjadi seorang penulis, ternyata Kak Nita juga seorang guru les, editor dan proofreader di penerbit indie, serta sebagai marketer buku secara online. Hebat ya Kak Nita ini.  Waktu yang baik untuk menulis menurut Kak Nita adalah kapan saja bila ide itu muncul, dia segera mencatat di kertas atau note HP. Sebab Kak Nita tidak suka menunda-nunda.



Untuk menjadi penulis yang produktif, Kak Nita menjadikan membaca dan menulis sebagai kebutuhan pokok seperti makan dan minum. Maka dengan senang hati Kak Nita akan melakukannya setiap hari. Menurut Kak Nita, tips paling dasar untuk pembaca yang ingin menulis yaitu harus diawali dengan banyak-banyak membaca.


Kak Nita juga pernah mengikuti Writing Project AE di Wattpad, yaitu lomba menulis novel religi-romance tahun 2018 lalu. Dan meraih juara 2 untuk naskahnya yang berjudul “After Midnight”. Kak Nita bercerita jika dia merasa sangat bersyukur karena AE Publishing adalah penerbit indie yang sangat berkualitas, professional, dan punya manajemen yang bagus. Sehingga dia merasa puas bisa menerbitkan buku di AE Publishing.



Bagaimana caranya kalau sahabat AE ingin sharing dengan Kak Nita? Kalian bisa menghubungi melalui Instagram Kak Nita di @diannitariski atau Facebook Diannita Riski.

Sampai di sini dulu ya, hehehe. Tunggu profil penulis selanjutnya. Terima kasih.


Subscribe to receive free email updates: